Headlines News :
Home » » Manajemen Peningkatan Mutu Madrasah

Manajemen Peningkatan Mutu Madrasah

Written By Yapisma on Selasa, 23 Oktober 2012 | 04.46

PENDAHULUAN

Agaknya lembaga pendidikan formal yang paling kurang mendapat apresiasi  dari masyarakat, adalah madrasah. Masyarakat, pada umumnya tidak menunjukkan perhatian yang proporsional terhadap keberadaan madrasah. Sejak awal kemunculannya sampai sekarang madrasah masih terkesan terpinggirkan dalam penyelenggaraan pendidikan. Meskipun dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional telah mendudukkan madrasah sebagai bagian integral dari pendidikan nasional.

Faktor yang menjadi penyebab rendahnya apresiasi terhadap madrasah adalah karena rendahnya mutu manajemen madrasah, kegiatan pembelajaran, keterbatasan sarana dan fasilitas pendukung pembelajaran, serta masih kurangnya daya dukung ketenagaan yang profesional. Secara spesifik terdapat dua masalah pokok yaitu: (1) anggapan adanya kebijakan yang diskriminatif dari pemerintah terhadap pengelolaan madrasah, dan (2) rendahnya kepedulian masyarakat  dalam hal ini stakeholders pendidikan terhadap pengelolaan madrasah. (Masyhuri dkk, 2005).

Permasalahan pokok yang dihadapi madrasah, pada dasarnya juga menjadi masalah pokok yang dihadapi oleh Madrasah Ibtidaiyah Swasta Matajang (MIS Matajang). Rendahnya apresiasi masyarakat terhadap MIS Matajang selainkarena munculnya kesan diskriminatif pemerintah juga karena keterbatasan MIS Matajang dalam penyediaan sarana dan prasarana pendukung sekolah, ketersediaan sumber daya yang berkualitas. Kondisi tersebut berimbas pada rendahnya kualitas pembelajaran, sehingga out put MIS Matajang menjadi rendah.

PROSPEK DAN MANAJEMEN MADRASAH

Peningkatan mutu pendidikan merupakan sasaran pembangunan dibidang pendidikan nasional dan menjadi bagian integral dari peningkatan kualitas manusia Indonesia secara kaffah (menyeluruh). Upaya mencerdaskan bangsa menjadi tanggung jawab  pendidikan terutama dalam mempersipakan peserta didik menjadi subyek yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlaq mulia, tangguh, kreatif, mandiri, demokratis dan profesional dibidangnya masing-masing. Kompotensi tersebut harus dimiliki dan dikuasai oleh peserta didik setelah mengikuti menemuh jenjang pendidikan.

A.    Prospek Madrasah

Madrasah dalam pengelolaannya berasal dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat, sebagai cerminan kemandirian madrasah. Kemandirian tersebut sejalan dengan perubahan paradigma pendidikan yang diharapkan menciptakan kemandirian dalam pengelolaannya. Sebagai bagian itegral dari usaha pencapaian tujuan pendidikan nasional, pengelolaan madrasah setidaknya diarahkan pada tiga kepentingan pokok yang harus diakomodasi yaitu; (1) memberikan ruang aspirasi bagi umat Islam secara umum dalam bidang pendidikan, (2) memperkukuh keberadaan madrasah ditengah masyarakat, dan (3) mengarahkan  madrasah agar merespon  perubahan zaman (Masyhuri dkk, 2005). Ketiga kepentingan dimaksudkan untuk mempertegas komitmen madrasah dalam keterlibatannya mempersipakan sumber daya manusia yang dibutuhkan dalam pembangunan.

Pengelolaan madrasah menonjolkan ciri khas sebagai lembaga pendidikan yang berorientasi pada kepentingan keagamaan dan kepentingan kewarganegaraan dengan tetap mengacu kepada UUSPN No. 20 tahun 2003. Madrasah diarahkan untuk menjadi wadah  pembinaan ruh atau praktik hidup berdasarkan nilai-nilai Islam. Selain itu Masyhuri dkk (2005) menegaskan bahwa madrasah melakukan pembinaan kepada peserta didik menjadi cerdas, berpengetahuan, berkepribadian, serta produktif. Hal tersebut berarti madrasah menjadi wadah untuk membina peserta didik yang memiliki keunggulan dan daya saing yang tinggi untuk menyonsong masa depan yang lebih baik.

Mengingat prospek tersebut di atas, madrasah harus melakukan pembenahan dalam pengelolaanya baik yang berkaitan dengan manajemen madrasah, sumber daya pengeloa pendidikan, pendanaan, evaluasi, proses dan sebagainya. Pembenahan madrasah dapat mencakup beberapa ruang lingkup diantaranya adalah pada aspek manajemen sekolah termasuk pembinaan dan pengembangan sumber daya guru dan ketenagaan, kegiatan pembelajaran, partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sekolah, membangun tiem work dan menciptakan kepemimpinan yang yang demokratis dan profesional.

B.    Manajemen Berbasis Madrasah
Madrasah dalam konteks pembangunan bidang pendidikan, menduduki posisi second choise jika dibandingkan dengan sekolah lain. Kecenderungan tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi pengelola lembaga pendidikan madrasah. Disadari betul bahwa posisi tersebut disebabkan karena ada kesan madrasah tidak memiliki kemmapuan untuk mengembangkan pendidikan, sehingga kualitas out put yang dihasilkan berada dibawah sekolah umum.

Di lingkungan madrasah sudah perlu dilakukan pembinaan  yang berkesinambungan  sehingga dapat meningkatkan mutu  yang berkelanjutan (continuous quality inprovement) karena pembenahan yang dilakukan selama ini terkesan parsial dan tidak berkesinambungan (Mulyasa, 2003). Madrasah sudah harus mampu mengimplementasikan school based manajemen melalui Manajemen Berbasis Madrasah agar dapat menjadi lembaga pendidikan yang memiliki kewenangan dan tanggung jawab secara luas dan mandiri.

Manajemen berbasis sekolah (School Based Manajemen) dimana pengelolaan sekolah memiliki ciri diataranya adalah (1) pemberian otonomi luas kepada sekolah, (2) Tingginya partisipasi masyarakat dan orang tua, (3) kepemimpinan yang demokratis dan profesional, dan (4) Team work yang kompak dan transparant (Mulyasa, 2002). Pandangan senada dikemukakan oleh Abu Dahoe (2002) bahwa ciri pokok SBM adalah pemberian otonomi yang luas kepada sekolah dan pelibatan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengelolaan sekolah.

Implementasi MBM di lingkup madrasah dalam pengelolaannya menyangkut beberapa aspek yaitu; (1) iklim madrasah yang kondusif, (2) otonomi madrasah, (3) penyiapan tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional, (4) menciptrakan kepemimpinan madrasah yang demokratis, dan (5) revitalisasi partisipasi masyarakat dan orang tua. (Mulyasa, 2003).

Dengan melakukan pembenahan pada aspek tersebut secara utuh, madrasah diharapkan dapat meningkatkan mutu pengelolaan madrasah. Pningkatan mutu pengelolaan akan berimbas pada peningkatan mutu pengelolaan, ketersediaan sumber daya yang berkualitas, meningkatnya prestasi belajar siswa, yang pada akhirnya bermuara pada tingginya tingkat kepercayaan masyarakat kepada madrasah.

Tulisan ini merupakan ringkasan dari makalah IlmiahKepala MIS Matajang  untuk mengikuti Seleksi Kepala Sekolah Dasar Berprestasi Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan pada Tanggal 5 s.d. 9 Juli 2007 dan meraih Juara III TK. Provinsi. Makalah ini dengan judul "Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar Melalui Pemberdayaan Masyarakat dan Otonomi Madrasah Pada Madrasah Ibtidaiyah Swasta Matajang Kabupaten Maros" menjadi inspirasi diterbitkannya Buku Manajemen Peningkatan Mutu Madrasah oleh PT. Jakarta Indonesia Press.

Share this article :

1 komentar:

  1. thank you for the compliment. We only intend to share information on the development of Islamic shool. awaited input

    BalasHapus

Jangan Komentar SPAM yaa... kritiknya yang membangun dengan bahasa yang sopan

About

Tujuan YAYASAN PERGURUAN ISLAM MATAJANG adalah Meletakkan dasar kecerdasan, pegetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dengan Visi ”MELETAKKAN DASAR IMAN ILMU DAN AMAL MELALUI PENDIDIKAN”.

Visitors

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. MIS Matajang - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template