Permasalahan tersebut, merupakan gejala umum yang dirasakan dikalangan guru. Selain itu, juga mengakibatkan kurangnya ide-ide dan gagasan ilmiah tentang pendidikan yang lahir dari pemikiran para guru yang setiap hari bergelutu di dunia pendidikan.
Berkenaan dengan hal tersebut, maka dianggap perlu untuk melakukan kegiatan pelatihan penulisan karya ilmiah bagi guru, yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan menulis dan mengemukakan ide dan gagasan dalam bentuk tulisan yang dapat dikategorikan sebagai sebuah tulisan ilmiah.
TUJUAN
Secara umum tujuan pelaksanaan kegiatan sosialisasi Kurikulum 2006 adalah:
Untuk menambah wawasan yang baru terhadap bentuk tulisan ilmiah.
Agar guru dapat mengemukakan ide dan gagasan-gagasan dibidang pendidikan dan keagamaan melalui karya ilmiah..
STRUKTUR PROGRAM
Umum/Pleno:
- Konsep Dasar Penelitian Tindakan Kelas (Action Classroom Research)
- Perumusan Judul PTK, Latar Belakang, Rumusan Masalah, Tujuan Penelitian dan Manfaat Penelitian.
- Penyusunan Landasan Teori dan Hipotesis: Landasan Teori, Penelitian yang Relevan, Kerangka Berpikir, dan Hipotesis Tindakan
- Metode Penelitian: Setting Penelitian, Subjek Penelitian, Sumber Data, Teknik dan Alat Pengumpulan Data, Validasi Data, Analisis Data, Indikator Kinerja dan Prosedur Penelitian
- Hasil Penelitian dan Pembahasan: Deskrisi Kondisi Awal, Deskripsi Siklus I, Deskripsi Siklus II, Pembahasan Tiap Siklus dan Antar Siklus, Hasil Penelitian.
- Perumusan Kesimpulan Hasil Penelitian dan Penulisan Daftar Pustaka
- Sistematika PTK dan Notasi Ilmiah
WAKTU DAN TEMPAT
Kegiatan ini direncanakan dilaksanakan selama 2 hari yang dimulai pada tanggal 29 – 30 Januari 2007, bertempat di MIS Matajang, Jl. Veteran No. 5 Desa Timpuseng Kecamatan Camba Kabupaten Maros.
BIAYA
Biaya pelaksanaan kegiatan ini dibebankan pada Dana Bantuan Operasional Manajemen Mutu Tahun 2006/2007 MIS Matajang, sebesar Rp. 4.210.000,- (Rincian Penggunaan Anggaran dan bukti pengeluaran terlampir)
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !