Headlines News :
Home » » Pelatihan PTK Bagi Guru

Pelatihan PTK Bagi Guru

Written By Yapisma on Senin, 22 Oktober 2012 | 18.57

Dalam rangka peningkatan kompotensi profesionalisme Guru pada MIS Matajang, dialaksanakan pelatihan PTK bagi Guru. Pelatihan ini dimaksudkan agar Guru dapat melakukan penelitian dalam rangka perbaikan pembelajaran. Salah satu tuntan mendasar yang menjadi permasalah dikalangan tenaga guru, adalah kurangnya mengungkapkan ide dan gagasan yang cemerlang melalui tulisan.  Hal tersebut dikarenakan guru ketika diperhadapkan pada keharusan untuk menulis suatu tulisan yang bersifat ilmiah baik dalam bentuk laporan kegiatan studi maupun kegiatan akademis, pada umumnya mereka menghadapi berbagai macam kesulitan. Kesulitan pokok tersebut berkisar pada ketidak mampuan  guru mengungkapkan apa yang tersirat dalam pikirannya. Mereka ragu, bagaimana seharusnya ide dan gagasan yang ada dalam pikirannya dapat dituangkan dalam bentuk tulisan yang dapat dikategorikan sebagai tulisan ilmiah.
Permasalahan tersebut, merupakan gejala umum yang dirasakan dikalangan guru. Selain itu, juga mengakibatkan kurangnya ide-ide dan gagasan ilmiah tentang pendidikan yang lahir dari pemikiran para guru yang setiap hari bergelutu di dunia pendidikan.
Berkenaan dengan hal tersebut, maka dianggap perlu untuk melakukan kegiatan pelatihan penulisan karya ilmiah bagi guru, yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan menulis dan mengemukakan ide dan gagasan dalam bentuk tulisan yang dapat dikategorikan sebagai sebuah tulisan ilmiah.

TUJUAN

Secara umum tujuan pelaksanaan kegiatan sosialisasi  Kurikulum 2006 adalah:
Untuk menambah wawasan yang baru terhadap bentuk tulisan ilmiah.
Agar guru dapat mengemukakan ide dan gagasan-gagasan dibidang pendidikan dan keagamaan melalui karya ilmiah..

STRUKTUR PROGRAM

Umum/Pleno:
  1. Konsep Dasar Penelitian Tindakan Kelas (Action Classroom Research)
  2. Perumusan Judul PTK, Latar Belakang, Rumusan Masalah, Tujuan Penelitian dan Manfaat Penelitian.
  3. Penyusunan Landasan Teori dan Hipotesis: Landasan Teori, Penelitian yang Relevan, Kerangka Berpikir, dan Hipotesis Tindakan
  4. Metode Penelitian:  Setting Penelitian, Subjek Penelitian,  Sumber Data, Teknik dan Alat Pengumpulan Data, Validasi Data,     Analisis Data, Indikator Kinerja dan Prosedur Penelitian
  5. Hasil Penelitian dan Pembahasan: Deskrisi Kondisi Awal, Deskripsi Siklus I, Deskripsi Siklus II, Pembahasan Tiap Siklus dan Antar Siklus, Hasil Penelitian.
  6. Perumusan Kesimpulan Hasil Penelitian dan Penulisan Daftar Pustaka
  7. Sistematika PTK dan Notasi Ilmiah

WAKTU DAN TEMPAT

Kegiatan ini direncanakan dilaksanakan selama 2 hari yang dimulai pada tanggal 29 – 30 Januari 2007, bertempat di MIS Matajang, Jl. Veteran No. 5 Desa Timpuseng Kecamatan Camba Kabupaten Maros.

BIAYA

Biaya pelaksanaan kegiatan ini dibebankan pada Dana Bantuan Operasional Manajemen Mutu Tahun 2006/2007 MIS Matajang, sebesar Rp. 4.210.000,- (Rincian Penggunaan Anggaran dan bukti pengeluaran terlampir)

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

About

Tujuan YAYASAN PERGURUAN ISLAM MATAJANG adalah Meletakkan dasar kecerdasan, pegetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dengan Visi ”MELETAKKAN DASAR IMAN ILMU DAN AMAL MELALUI PENDIDIKAN”.

Visitors

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. MIS Matajang - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template