Headlines News :
Home » » Visi Misi MRC MIS Matajang

Visi Misi MRC MIS Matajang

Written By Yapisma on Selasa, 23 Oktober 2012 | 18.11

Listening Area MRC
Madrasah Resources Center.
Madrasah Resources Center (MRC) adalah salah satu Unit Penunjang Akademik yang ada di MIS Matajang yang berada di bawah naungan Unit Perpustakaan. Unit ini didirikan pada tahun 2010 dengan dasar kenyataan bahwa autonomous learners (pembelajar mandiri) merupakan tuntutan di era global ini. Paradigma baru learner centered menempatkan seorang guru bukan sebagai informasi tunggal bagi pembelajar, namun guru adalah fasilitator yang akan memberdayakan potensi-potensi pembelajar agar memiliki kemampuan menjadikan lingkungan di sekitarnya sebagai sarana belajar. MRC akan memfasilitasi usaha tersebut dan membantu seluruh warga sekolah untuk meningkatkan kemampuan akademik utamanya yang menyangkut kebahasaan secara mandiri.
MRC mengemban tanggung jawab pengembangan akademik: 
  1. Menunjang pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi,
  2. Menunjang guru dalam menyediakan materi, metodologi, dan lembar kerja,
  3. Menyediakan konselor bahasa Arab dan Inggris,
  4. Menyediakan literatur bagi semua kelas dalam bentuk CD, VCD, dan kaset,
  5. Menyediakan fasilitas bagi remediasi siswa,
  6. Menunjang kegiatan follow-up program intensif bahasa Arab dan Inggris.
  7. Menunjang pengembangan strategi belajar mandiri siswa. 
Sentra pembelajaran mandiri ini menitik-beratkan pada peningkatan kemampuan berbahasa, baik secara reseptif maupun produktif, yang ditunjang oleh fasilitas multimedia baik elektronik maupun non-elektronik prioritas awalnya. Untuk jangka panjang, pengembangan sarana belajar madiri akan disediakan sehingga learning community yang sehat dapat direalisasikan. Untuk memperdalam kompetensi berbahasa, warga sekolah dapat mengakses koleksi CD, kaset, video, program komputer, dll. Selain media yang tersedia, MRC juga melayani kesulitan yang dihadapi dalam proses pembelajaran melalui jasa konsultan bahasa Arab, Inggris dan Indonesia.       
Saat ini MRC berupaya terus menerus untuk mengedepankan pengembangan unit ini melalui perbaikan dan penambahan fasilitas MRC, merencakana untuk peningkatan kuantitas dan kualitas kegiatan, seperti melengkapi software pendukung, bedah buku, workshop, dan program apresiasi film dwi mingguan disamping memberikan pelayanan harian bagi para penggunanya. Selain berperan secara integratif dengan perpustakaan Madrasah, MRC juga berupaya menjajagi kerjasama dengan lembaga lain yang relevan, agar dapat memberi yang terbaik proses pembelajaran dan pengembangan diri warga sekolah (Siswa, Guru dan Staf). 

Visi

Menjadi pusat pembelajaran mandiri seluruh stakesholder Madrasah (Siswa, Guru, Staff, dan Komite Madrasah), serta membangun pusat informasi berbagai hal yang relevans dengan pengembangan Madrasah.

Misi
  1. Menyediakan sarana prasarana pembelajaran mandiri bagi seluruh Warga Madrasah.
  2. Menginformasikan dan mengkomunikasikan hal-hal yang relevan dengan pengembangan disiplin ilmu yang ada.
  3. Menyelenggarakan pemberdayaan dan pelatihan autonomous learning di lingkungan Madrasah.   
Tujuan
  1. Tersedianya sarana prasarana pembelajaran mandiri bagi seluruh Warga Madrasah.
  2. Terinformasikannya hal-hal yang relevan dengan pengembangan disiplin ilmu yang ada.
  3. Terselenggarakannya pelatihan autonomous learning di Madrasah.   

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

About

Tujuan YAYASAN PERGURUAN ISLAM MATAJANG adalah Meletakkan dasar kecerdasan, pegetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dengan Visi ”MELETAKKAN DASAR IMAN ILMU DAN AMAL MELALUI PENDIDIKAN”.

Visitors

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. MIS Matajang - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template